RENCANA PROGRAM PELAYANAN ( RPP )
A.
Identitas Bimbingan
1. Jenis
Bimbingan : Bimbingan Kelompok
2. Jenis
Layanan : Belajar
3. Fungsi
Bimbingan : Pemahaman ( Meningkatkan
Prestasi Belajar )
4. Kelas /
Semester : X / 2
5. Waktu : 3 x 45 menit ( 3
kali pertemuan )
B. Indikator / Kompetensi Dasar
Indikator : àMeningkatnya
belajar siswa dalam meraih prestasi belajar serta mendapatkan nilai
yang memuaskan dalam mata pelajaran.
àSiswa dapat
memahami kebiasaan belajar dan memiliki motivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Kompetensi Dasar : Perubahan sikap dan kebiasaan belajar.
I.
Materi Ajar : Gaya Belajar ( kebiasaan belajar )
dan Motivasi Belajar.
II.
Metode Pembelajaran :
Diskusi dan Tanya jawab
C. Rencana Pelaksanaan
Minggu
Pertama ( pertemuan 1 ) :
1. Pemimpin
kelompok mengungkapkan tujuan, yaitu : tentang “Meningkatkan Prestasi Belajar”
dengan cara memberikan angket tentang “Gaya Belajar” agar anggota kelompok
mengetahui tentang gaya belajar mereka dan menjelaskan tentang “Motivasi
Belajar”.
2. Pemimpin
kelompok memperkenalkan diri secara terbuka seperti : Nama, TTL, Alamat, dll,
agar kegiatan kelompok berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya
hambatan-hambatan.
3. Pemimpin
kelompok menampilkan tingkah laku dan komunikasi yang baik kemudian para
anggota diminta untuk saling memperkenalkan diri.
4. Pemimpin
kelompok menjelaskan tentang peranan para anggota kelompok dalam kelompok tugas
kemudian pemimpin kelompok menanyakan apakah para anggota sudah siap untuk
memulai kegiatan tersebut.
5. Pemimpin
kelompok memanfaatkan dan mendorong para anggotanya secara sukarela apakah ada
yang bersedia mengutarakan diri berkenaan dengan suasana yang belum kondusif.
Setelah itu, kesukarelaan dari para anggota dapat merangsang tumbuhnya keikutsertaan
dari anggota yang lain.
Minggu
Kedua ( pertemuan 2 ) :
1. Pemimpin kelompok
mengemukakan masalah atau topik kepada anggota kelompok yaitu tentang
“Meningkatkan Prestasi Belajar” kemudian menerangkan cara yang dapat ditempuh yaitu
dengan pemberian materi tentang “Gaya Belajar” dan “Motivasi Belajar”.
2. Pemimpin kelompok menerangkan tentang “Gaya Belajar”
terlebih dahulu setelah itu pemimpin kelompok memberikan sebuah angket yang
berupa pertanyaan tentang gaya belajar dan selanjutnya angket tersebut
dikumpulkan kembali untuk mengetahui gaya belajar yang cocok diterapkan kepada
masing-masing individu.
Minggu Ketiga (
pertemuan 3 ) :
1. Pemimpin kelompok membagikan angket yang telah diisi oleh
para anggota yang di dalamnya sudah diketahui tentang gaya belajar apa yang
cocok diterapkan pada setiap individu.
2. Setelah pemimpin kelompok mengetahui gaya belajar setiap
anggota kemudian pemimpin kelompok menempatkan antara gaya belajar visual,
Auditori, dan Kinestetik.
3. Agar tercipta
hubungan yang hangat dalam pelaksanaan bimbingan antar anggota kelompok dan
sekaligus suasana kebersamaan pemimpin kelompok mengadakan permainan seperti
“Tiga dot” dan ikut serta dalam permainan tersebut.
4. Pemimpin kelompok menerangkan tentang “Motivasi Belajar”
baik intrinsik maupun ekstrinsik kepada setiap anggota agar mereka termotivasi
dan mencapai hasil yang maksimal di dalam kegiatan belajar mengajar.
D. Rencana Penilaian
1. Penilaian
Segera / Laiseg
Pemimpin kelompok memberi penilaian
segera dengan cara membagikan angket laiseg kepada anggota kelompok.
2. Penilaian
Jangka Panjang
·
Mengecek absensi para anggota apakah penuh atau tidak,
karena dari hal tersebut dapat terlihat bahwa Bimbingan Kelompok yang dilakukan
membuahkan hasil yang cukup memuaskan.
·
Mengecek raport dari para anggota kelompok apakah
menunjukkan grafik yang menanjak setelah mengikuti Bimbingan Kelompok
dibandingkan sebelum mengikuti Bimbingan Kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar