Jumat, 06 Juli 2012

RPP BK

RENCANA PROGRAM PELAYANAN ( RPP )

A. Identitas Bimbingan
1.      Jenis Bimbingan          : Bimbingan Kelompok
2.      Jenis Layanan              : Belajar
3.      Fungsi Bimbingan       : Pemahaman ( Meningkatkan Prestasi Belajar )
4.      Kelas / Semester         : X / 2
5.      Waktu                          : 3 x 45 menit ( 3 kali pertemuan )

B. Indikator / Kompetensi Dasar
            Indikator                      : àMeningkatnya belajar siswa dalam meraih                                                               prestasi belajar serta mendapatkan nilai yang                                                                memuaskan dalam mata pelajaran.
                                                              àSiswa dapat memahami kebiasaan belajar dan                                                        memiliki motivasi untuk meningkatkan                                                                     prestasi belajarnya.
            Kompetensi Dasar       : Perubahan sikap dan kebiasaan belajar.

                    I.          Materi Ajar                         : Gaya Belajar ( kebiasaan belajar ) dan                                                          Motivasi Belajar.
                  II.          Metode Pembelajaran       : Diskusi dan Tanya jawab

C. Rencana Pelaksanaan
            Minggu Pertama ( pertemuan 1 ) :
1.      Pemimpin kelompok mengungkapkan tujuan, yaitu : tentang “Meningkatkan Prestasi Belajar” dengan cara memberikan angket tentang “Gaya Belajar” agar anggota kelompok mengetahui tentang gaya belajar mereka dan menjelaskan tentang “Motivasi Belajar”.
2.      Pemimpin kelompok memperkenalkan diri secara terbuka seperti : Nama, TTL, Alamat, dll, agar kegiatan kelompok berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya hambatan-hambatan.
3.      Pemimpin kelompok menampilkan tingkah laku dan komunikasi yang baik kemudian para anggota diminta untuk saling memperkenalkan diri.
4.      Pemimpin kelompok menjelaskan tentang peranan para anggota kelompok dalam kelompok tugas kemudian pemimpin kelompok menanyakan apakah para anggota sudah siap untuk memulai kegiatan tersebut.
5.      Pemimpin kelompok memanfaatkan dan mendorong para anggotanya secara sukarela apakah ada yang bersedia mengutarakan diri berkenaan dengan suasana yang belum kondusif. Setelah itu, kesukarelaan dari para anggota dapat merangsang tumbuhnya keikutsertaan dari anggota yang lain.

Minggu Kedua ( pertemuan 2 ) :
1.  Pemimpin kelompok mengemukakan masalah atau topik kepada anggota kelompok yaitu tentang “Meningkatkan Prestasi Belajar” kemudian menerangkan cara yang dapat ditempuh yaitu dengan pemberian materi tentang “Gaya Belajar” dan “Motivasi Belajar”.
2. Pemimpin kelompok menerangkan tentang “Gaya Belajar” terlebih dahulu setelah itu pemimpin kelompok memberikan sebuah angket yang berupa pertanyaan tentang gaya belajar dan selanjutnya angket tersebut dikumpulkan kembali untuk mengetahui gaya belajar yang cocok diterapkan kepada masing-masing individu.


     Minggu Ketiga ( pertemuan 3 ) :
1. Pemimpin kelompok membagikan angket yang telah diisi oleh para anggota yang di dalamnya sudah diketahui tentang gaya belajar apa yang cocok diterapkan pada setiap individu.
2. Setelah pemimpin kelompok mengetahui gaya belajar setiap anggota kemudian pemimpin kelompok menempatkan antara gaya belajar visual, Auditori, dan Kinestetik.
3.  Agar tercipta hubungan yang hangat dalam pelaksanaan bimbingan antar anggota kelompok dan sekaligus suasana kebersamaan pemimpin kelompok mengadakan permainan seperti “Tiga dot” dan ikut serta dalam permainan tersebut.
4. Pemimpin kelompok menerangkan tentang “Motivasi Belajar” baik intrinsik maupun ekstrinsik kepada setiap anggota agar mereka termotivasi dan mencapai hasil yang maksimal di dalam kegiatan belajar mengajar.


D. Rencana Penilaian
1.      Penilaian Segera / Laiseg
            Pemimpin kelompok memberi penilaian segera dengan cara membagikan angket laiseg kepada anggota kelompok.
2.      Penilaian Jangka Panjang
·         Mengecek absensi para anggota apakah penuh atau tidak, karena dari hal tersebut dapat terlihat bahwa Bimbingan Kelompok yang dilakukan membuahkan hasil yang cukup memuaskan.
·         Mengecek raport dari para anggota kelompok apakah menunjukkan grafik yang menanjak setelah mengikuti Bimbingan Kelompok dibandingkan sebelum mengikuti Bimbingan Kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar